Cerita dari hati setiap penulis

Deskripsi Bintang Laut, Ini Dia Detailnya

deskripsi bintang lautBintang laut umumnya ditemukan dengan 5 lengan yang melekat pada cakram pusat. Cakram pusat ini adalah pusat aktivitas bintang laut dan juga berisi mulut bintang laut.

Bintang laut memakan tiram dan kerang, 2 perut bintang laut membantu pencernaan organisme yang kompleks. Bintang laut menggunakan satu perut untuk memulai pencernaan makanan, dan perut yang lain untuk menjulur keluar dan menelan mangsanya. Bintang Laut dapat ditemukan di lautan di seluruh dunia.

Karena sifat bintang laut yang bergerak lambat, bintang laut ini dimangsa oleh banyak predator binatang termasuk ikan, kepiting, pari, hiu, manusia, dan burung ketika bintang laut tersebut hanyut ke pantai.

Bintang laut ini memiliki kemampuan luar biasa untuk meregenerasi diri menjadi bintang laut baru, bahkan hanya tersia dengan satu lengan yang melekat pada bagian dari cakram pusat bintang laut!

Starfish tidak bergantung pada kerangka bersendi yang bergerak untuk mendukung dan melaju (meskipun bintang laut masih dilindungi oleh kerangka mereka), tetapi mereka memiliki sistem vaskular air hidrolik yang membantu pergerakan mereka di lautan.

Sistem vaskular air dari bintang laut memiliki banyak proyeksi yang disebut kaki tabung di wajah ventral lengan bintang laut yang berfungsi untuk melakukan gerakan dan memberikan bantuan ketika binatang tersebut melakukan aktifitas makan.

Bintang Laut dapat mengubah jenis kelamin mereka tergantung keadaan yang membuat nyaman bagi mereka. Bintang laut betina mampu melepaskan lebih dari 2 juta telur pada satu waktu, meskipun demikian, jumlah telur rata-rata yang dilepaskan bintang laut betina lebih dekat ke angka 1 juta. Telur yang dilepaskan oleh bintang betina kemudian dibuahi oleh bintang laut jantan dan telur yang dibuahi berkembang menjadi larva yang bisa berenang. Larva bintang laut berenang selama sekitar tiga minggu sebelum menetap dan mulai bermetamorfosis menjadi penampilan bintang laut yang lebih umum.

Bintang laut saat ini dianggap sebagai spesies hewan yang terancam terutama karena hilangnya habitat dan polusi yang secara drastis mengurangi populasi bintang laut.