Cerita dari hati setiap penulis

Jenis-jenis Layanan Cloud untuk Berbagai Kebutuhan

cloud computingCloud computing atau disebut juga sebagai komputasi awan adalah sebuah sistem penyimpanan yang dilakukan di udara atau secara online. Sistem penyimpanan ini memungkinkan Anda untuk mengakses data yang tersimpan kapanpun dan dimanapun. Anda juga bisa berbagai data dengan pihak lain dengan jauh lebih mudah tanpa harus memindahkan secara fisik menggunakan perangkat penyimpanan data seperti CD, flashdisk ataupun hardisk. Metode penyimpanan ini mampu memberikan kemudahan serta kenyamanan tersendiri dalam pengelolaan data pribadi maupun data perusahaan dan instansi.

3 Jenis Layanan yang Tersedia pada Cloud Computing

Ada banyak provider baik dalam negeri maupun luar negeri yang menawarkan jasa cloud computing. Anda bisa memilih provider yang Anda inginkan dengan memperhatikan banyak faktor. Masing-masing provider ini bisa menawarkan layanan yang berbeda, akan tetapi pada dasarnya cloud computing dapat dibedakan menjadi 3 bedasarkan jenis layanannya. Masing-masing jenis layanan cloud Indonesia ini adalah :

  • Software as a Service

Jenis layanan ini berupa penyedia aplikasi yang siap dipakai oleh pengguna. Layanan ini tergolong praktis karena pengguna tidak harus membuat aplikasi, mempersiapkan tempat dan segala komponen lainnya. Pengguna layanan ini bisa langsung menggunakan fasilitas penyimpanan data dengan membuat akun pada portal-portal yang tersedia. Penyedia layanan jenis ini bisa dibedakan menjadi layanan gratis dan berbayar. Layanan penyedia cloud computing gratis ini diantaranya Gmail, Yahoo dan Dropbox.

  • Platform as a Service

Jenis layanan ini menyediakan wadah untuk pengguna dalam menjalankan aplikasi. Tempat yang disediakan ini bisa berupa sistem operasi, framework atau yang lainnnya. Pada jenis layanan ini pengguna dapat membangun aplikasi tanpa perlu repot memikirkan maintenance.

  • Infrastructure as a Service

Seperti namanya, jenis layanan ini menyediakan infrastruktur bagi pengguna untuk membangun cloud sendiri. Jenis infrastruktur yang dimaksudkan bisa berupa penyimpanan, jaringan ataupun server. Pengguna bisa mengupgrade infrastruktur dengan cara menghubungi langsung ke pihak provider yang bersangkutan.

Masing-masing jenis layanan ini memiliki kelemahan dan keunggulan, tinggal bagaimana jenis layanan yang Anda butuhkan. Anda perlu menyesuaikan jenis kebutuhan dengan jenis layanan yang tersedia agar Anda benar-benar dapat memanfaatkan jasa layanan ini secara maksimal.

Baca juga :

Usia bayi bisa duduk