Cerita dari hati setiap penulis

Sebuah Panduan Singkat untuk Masjid Agung Xian dan Sekitar Muslim Quarter

Quarter Muslim mengelilingi Masjid Agung Xian dan tidak diragukan lagi merupakan salah satu daerah penting dan semarak yang dapat ditemukan di kota ini. Di daerah ini, para pelancong akan mendapati bahwa sebagian besar penduduk telah tinggal di daerah ini seumur hidup mereka. Dalam kebanyakan kasus, sebagian besar anggota keluarga akan tinggal dan melihat hari-hari mereka di sini tanpa pernah pergi ke bagian lain Xian sama sekali.
Quarter Muslim memiliki sejarah yang sangat penting dan penuh warna.
masjid xian
Diperkirakan umat Islam mulai menetap di daerah ini sekitar tahun 732 A. D, saat itulah Masjid Agung Xian sedang dibangun. Imperial Records mengkonfirmasi keberadaan daerah yang berbeda ini sejak saat ini dalam sejarah kota. Kuartal ini mulai tumbuh dalam populasi setelah Xian mendirikan hubungan dagang dengan suku-suku Asia Tengah lainnya, yang memungkinkan para pelancong dan pedagang mengunjungi kota tersebut, termasuk kuartal Muslim, dengan melakukan perjalanan menyusuri apa yang dikenal sebagai Jalan Sutra.
Seiring berjalannya waktu, Masjid Agung Xian menjadi lebih mapan dengan semakin banyak orang memilih tinggal di bagian kota ini. Banyak orang asing yang memiliki kepercayaan dan tradisi yang sama dengan Muslim yang sudah menduduki kuarter tersebut merasa memiliki kesamaan dan tetap berada di kuartal tersebut. Memang, diasumsikan bahwa banyak orang yang tinggal di bagian Xian ini sekarang adalah keturunan orang-orang yang berasal dari Timur Tengah, kemungkinan besar pedagang yang melakukan perjalanan turun dari Jalan Sutra.
Pengunjung ke kota ini akan menemukan The Xian Great Mosque terletak di jantung kota, tepat di belakang Drum Tower. Sangat mudah untuk mengetahui kapan Anda telah mencapai area ini karena pakaian, bau dan bahasanya berbeda dengan area lain yang dapat Anda kunjungi di Xian. Disini pengunjung akan menemukan berbagai toko, pasar, warung dan restoran yang unik hingga kuartal.
Ketika dalam perjalanan ke kuartal itu kemungkinan besar Anda ingin melihat salah satu gedung Muslim termegah dan tertua yang bisa ditemukan di China, Masjid Agung Xian. Awalnya dimulai sekitar tahun 732 A. D. Sebagian besar bangunan yang bisa dilihat saat ini dibangun pada abad ke-13. Masjid ini tidak seperti yang lain karena arsitekturnya terutama bergaya Cina.
Pengunjung akan mencatat bahwa bangunan tersebut dapat diidentifikasi sebagai bangunan muslim karena ada bagian-bagian yang didekorasi dengan pengaruh Arab dan Islam. Serta bangunan utama ada beberapa halaman yang indah dan sederetan bangunan kecil. Beberapa bagian Masjid Agung Xian tidak dapat diakses oleh pengunjung karena mereka masih digunakan oleh penghuni sampai hari ini.
Daerah sekitar Masjid Agung Xian ini terlihat, terdengar dan terasa seperti yang terjadi pada 1.200 tahun yang lalu ketika pertama kali diselesaikan oleh orang-orang Muslim China (dikenal secara lokal sebagai Hui). Semua orang di masyarakat sangat dekat dan penduduk pada umumnya lelah dengan orang asing, memilih untuk mempekerjakan dan menjalani kehidupan secara penuh dengan orang-orang dari dalam komunitas mereka sendiri. Memang, tidak jarang beberapa generasi keluarga yang sama (yang nenek moyangnya juga tinggal di kwartal ini) masih tinggal di sana, menjalankan tradisi dan praktik keluarga.
Padahal, kehidupan sehari-hari warga di kwartal ini hampir identik dengan nenek moyang mereka bertahun-tahun yang lalu. Pasar akan disapu dan dibersihkan, makanan akan disiapkan untuk sebagian besar hari dan generasi yang lebih tua akan bersantai dengan sepoci teh dan teman mereka untuk mengobrol. Pemandangan ini sangat unik dan persis seperti yang diperkirakan pengunjung bahwa mereka telah mengunjungi 40 generasi sebelumnya sampai hari ini.
Quarter Muslim adalah daerah favorit banyak pengunjung sementara dalam perjalanan ke kota Xian. Kebanyakan orang memasuki kuartal untuk mencicipi makanan lezat, mengagumi The Xian Great Mosque dan tawar-menawar dengan pemegang kios untuk mendapatkan tawaran. Belanja, makanan dan wajah di kuartal ini adalah salah satu pengalaman paling istimewa yang akan Anda dapatkan dalam hidup Anda.