Cerita dari hati setiap penulis

Tata Cara Aqiqah dan Hikmah Aqiqah

Tata cara aqiqah orang dewasa menurut Muhammadiyah telah ditanyakan oleh warga Muhammadiyah dan dijawab. Prosesi aqiqah dan batas waktu aqiqah sesuai sunnah perlu diketahui oleh muslim sehingga terhindar dari bid’ah dalam aqiqah. Dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana tata cara ibadah aqiqah berdasarkan hadits aqiqah shahih, terutama tentang doa aqiqah.

Amalan doa aqiqah potong rambut pastinya harus diketahui bagi orang tua yang ingin melaksanakan aqiqah bagi putra atau putrinya. Bagi orang tua saat melaksanakan aqiqah, tentu tidak hanya sekedar memotong hewan aqiqah, kemudian dimasakn dan dibagikan kepada orang-orang sekitarnya. Ada hal-hal yang menjadi rangkaian dari acara aqiqahan tersebut. Salah satunya dengan membacakan doa bagi anak yang diaqiqahi.

tata cara aqiqah

Gambar ilustrasi tata cara aqiqah

Prosesi Aqiqah dengan Pembacaan Doa

Pembacaan doa ini pastinya bertujuan baik, karena pada dasarnya doa adalah segala hal untuk kebaikan. Salah satu prosesi dalam aqiqah adalah memotong bayi yang akan diaqiqahi ketika berusia 7 hari. saat melakukan pemotongan tersebut, tentunya orang tua dalam hal ini sang ayah ketika memotong rambut bayinya harus disertai dengan doa, agar sang anak menjadikan harapan orang tuanya tercapai dari doa-doa yang dibacanya tersebut.

Hikmah aqiqah dari pembacaan Doa Aqiqah Potong Rambut

Membaca doa aqiqah potong rambut bagi anak yang diaqiqahi menjadi bentuk kewajiban bagi muslim ketika melaksanakan aqiqah. Aqiqah dilaksanakan ketika para pasangan memiliki bayi yang baru saja lahir. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penebusan atas nikmat dari Allah yang diberikan kepada keluarga tersebut. Rasulullah sendiri juga menganjurkan untuk melaksanakan aqiqah di hari ketujuh setelah bayi lahir. Prosesinya dilakukan dengan memotong rambut bayi yang baru lahir tersebut dan kemudian melakukan sedekah. Lalu apa hikmah aqiqah yang bisa dipetik? Berikut adalah 3 hikmah Aqiqah:

  • Menjalankan dan menghidupkan ajaran Islam melalui sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alahi wa sallam
  • Ungkapan rasa syukur dan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah atas kelahiran bayi atau anak, baik laki-laki maupun perempuan.
  • Sebagai bentuk kepedulian sosial dan mempererat tali ukhuwah (persaudaraan) diantara masyarakat Muslim.

Semoga paparan tentang tata cara aqiqah dan hikmah aqiqah bermanfaat buat anda.