Cerita dari hati setiap penulis

Tidak Ada Ruginya Ketika Anda Menjalani Bisnis Online

Tidak Ada Ruginya Ketika Anda Menjalani Bisnis Online

Ketika anda pertama kali membaca judul artikel ini, mungkin timbul pertanyaan dan goyangan dalam batin.

“Tidak mungkin! Semua hal pasti ada untung dan ruginya, dong! Masa di bisnis online prinsip ini tidak berlaku!? Coba jelaskan!”

Kalau itu adalah pertanyaan yang muncul di kepala ketika anda membaca artikel ini, saya akan jawab semampu dan sesuai dengan kapasitas saya.

Begini, bisnis online itu ada banyak macamnya. Dan setiap jenis pada bisnis online, halang rintang dan kendalanya pun terdapat banyak juga macamnya.

Sebagai contoh, ketika anda menjalani bisnis online di bidang penjualan produk pada marketplace, mungkin halang rintang yang muncul adalah meyakinkan pembeli kalau produk yang anda jual memang bagus dan dapat memuaskan pembeli.

Contoh lainnya, ketika anda menjalani bisnis online di bidang blog atau website, kendala yang muncul mungkin visitor yang tidak kunjung datang ke blog walaupun konten yang anda tulis teramat bagus.

Yap, banyak macam dan jenis dalam bisnis online, pun banyak juga halang rintangnya!

Apapun bisnis online yang sekarang anda jalani, percayalah.. tidak ada ruginya sama sekali!

Rugi yang saya maksud disini adalah rugi ilmu. Anda tidak akan mendapatkan kerugian sedikitpun perihal ini. Walaupun memang rugi dalam hal waktu dan materiil, percayalah.. itu semua akan terbayar dengan sendirinya.

Pengalaman saya

Jatuh bangun bisnis online saya jalani semenjak tahun 2013, bingung ketika penghasilan tidak kunjung terlihat padahal sudah menghabiskan tabungan dan uang bayar kosan.

Apa yang saya lakukan selanjutnya? Yap, saya putus asa dan memutuskan untuk berhenti mendalami bisnis online.

Semua metode yang saya pelajari saya tinggalkan, semua cara dan alat yang saya ketahui saya hapus dari komputer, semua motivasi saya tinggalkan. Saya kembali jadi anak kuliah.

Apa yang kemudian terjadi?

Tahun 2015, saya kembali lagi. Yap, saya memutuskan kembali dalam dunia bisnis online pada tahun 2015 ketika Youtube sedang dalam masa terbaiknya perihal menghasilkan uang.

Yang saya lakukan adalah mencari metode yang terbaik untuk membuat konten Youtube. Lalu saya teringat, tahun 2013 silam saya mempunyai banyak konten di dalam blog yang tidak ada pengunjungnya dan saya tinggalkan.

Kemudian dengan beberapa alat dan fasilitas seadanya, saya mengubah tulisan dan konten dalam blog saya yang berupa tulisan menjadi sebuah video. Yap, video yang kemudian saya unggah di Youtube.

Hasilnya?

Alhamdulillah, penghasilan pertama saya dalam bisnis online ternyata berasal dari Youtube. Bukan blog. Dan itu terjadi dalam proses 2 tahun lamanya.

Lihatlah, tidak ada ruginya ketika anda melakukan bisnis online. Apapun bentuknya!